Boeing 737 MAX Kembali Diizinkan Terbang di Korea Selatan, Bagaimana dengan Indonesia?

Boeing 737 MAX Kembali Diizinkan Terbang di Korea Selatan, Bagaimana dengan Indonesia?

Satu per satu, beberapa negara kembali mengizinkan pesawat milik Boeing dengan tipe Boeing 737 MAX untuk digunakan kembali. Terbaru, ada Korea Selatan yang akan mulai mengizinkan pesawat tersebut terbang lagi mulai 22 November 2021. Seperti diketahui, jenis pesawat tersebut telah dilarang terbang sejak Maret 2019 lalu. Menyusul, dua kecelakaan dari jenis pesawat tersebut yang memakan banyak korban di Indonesia dan Ethiopia.

Mengutip Reuters (21/11), Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah memutuskan untuk mengizinkan dimulainya kembali operasi 737 MAX setelah memantau data keselamatan dan penerbangan dari pesawat 737 MAX negara lain sejak akhir 2020. Namun, kementerian akan terus memperkuat inspeksi keselamatan untuk pesawat 737 MAX, seperti memberikan panduan untuk meningkatkan kelaikan udara dan memeriksa pendidikan dan pelatihan pilot secara menyeluruh. Sebelumnya, Singapore Airlines Ltd juga berencana melanjutkan penerbangan Boeing 737 MAX sebelum akhir tahun. Hal ini menyusul lampu hijau dari Regulator penerbangan Singapura yang memperbolehkan penerbangan kembali Boeing 737 MAX sejak September lalu.

Saat ini, negara negara Asia Pasifik yang telah menyetujui kembalinya Boeing 737 MAX untuk terbang, antara lain Singapura, Malaysia, India, Jepang, Australia, dan Fiji. Namun, ada juga negara negara yang masih belum memberikan lampu hijau seperti Indonesia dan China. Artikel ini sudah tayang di KONTAN dengan judul

Bisnis