Khusus Area Mining, Truk Pemadam Berkapasitas 10.000 Liter Air dan 1.000 Liter Foam, Harganya Wah

Khusus Area Mining, Truk Pemadam Berkapasitas 10.000 Liter Air dan 1.000 Liter Foam, Harganya Wah

Sebuah truk pemadam kebakaran yang dipamerkan di GIIAS 2021 ditaksir Rp 10 hingga 11 Miliar per unit. Dengan target pemasaran area tambang atau mining, truk pemadam super lengkap ini dirasa sesuai dengan harganya. Truck pemadam dari perusahaan Ayaxx ini mampu membawa 10.000 liter air plus 1.000 liter foam.

Hal ini disampaikan oleh Trianda Stevanus selaku marketing dari Ayaxx. "Ini spesifikasinya memang untuk di tambang, standar tambang memang seperti ini. Biasanya di tambang batubara, nikel, kurang lebih seperti itu," ujarnya kepada Warta Kota, Sabtu (20/11/2021), ICE, BSD, Tangerang. Selain itu, truck pemadam ini juga dilengkapi dengan peralatan yang super lengkap, termasuk alat pelindung diri.

User pun dimudahkan untuk memilih menyemprotkan air atau foam lewat panel pengoperasian di dinding truk. "Kalau bangunan atau kayu biasanya digunakan air, tapi kalau minyak biasanya digunakan foam. Semuanya dioperasikan disini," tambahnya. Tak hanya itu, ada pula pompa apung yang dapat diletakkan di atas air.

Hal ini mampu mempermudah proses pemadaman, jika bangunan yang terbakar berdekatan dengan sumber air seperti sungai dan lainnya. Ada pula Chainsaw yang memungkinkan user untuk melewati rintangan yang ada di area kebakaran. Ada juga valve yang mampu melindungi truk dari hawa panas yang terjadi di area kebakaran.

Truck pemadam terbaru dari Ayaxx ini sendiri merupakan truck matic, dengan fitur fitur terbaru nan canggih. Karena kegunaannya berbeda dengan yang kendaraan lain, tak heran jika pemesanan unit tersebut jarang terlihat di GIIAS 2021. Biasanya, pemesanan truck pemadam punya fase fase tersendiri termasuk persentase ke calon costumer. (m21)

Otomotif