Mendes PDTT Kutip Lagu Iwan Fals ‘Desa’ Saat Halalbihalal Virtual BUMDes

Mendes PDTT Kutip Lagu Iwan Fals ‘Desa’ Saat Halalbihalal Virtual BUMDes

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDDT) Abdul Halim Iskandar mengutip lagu milik Iwan Fals yang berjudul Desa. Halim mengutip lagu itu kala menghadiri Halalbihalal virtual dengan Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di seluruh Indonesia. Menurut Halim, lagu Desa milik Iwan Fals itu menggambarkan ekonomi desa harus jadi kekuatan, sehingga warganya tidak pindah ke kota.

"Sepinya desa adalah modal utama untuk bekerja dan mengembangkan diri. Nah ini, liriknya Iwan Fals, maestro yang luar biasa. Kita sedang berusaha menekan urbanisasi. Bahkan kalau perlu membalik, dari urbanisasi menjadi ruralisasi," ujar Halim, Senin (17/5/2021). Ia pun melanjutkan walau lahan sudah menjadi milik kota, bukan berarti desa lemah tak berdaya. "Desa adalah kekuatan sejati, Negara harus berpihak pada para petani," katanya.

Abdul melihat lirik lagu tersebut tengah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, yakni dengan berupaya agar pertanian di Indonesia terus tumbuh melalui food estate, modernisasi pertanian, dan lain sebagainya. "Hal itu dilakukan agar warga masyarakat milenial tidak lagi segan untuk bertani, membangun pemahaman baru tentang pertanian, bahwa pertanian tidak seperti dulu lagi," ucap Halim. Halim menekankan BUMDes tidak boleh melakukan usaha yang sudah dan sedang dilakukan oleh warga masyarakat di desa.

"BUMDes harus memfasilitasi, memberikan kemudahan, memberikan ruang yang cukup bagi usaha usaha mikro kecil yang dilakukan oleh masyarakat di desanya," katanya. BUMDes, kata dia, jangan menjadi pesaing serta tidak boleh menghegemoni, apalagi mematikan usaha usaha yang sudah dilakukan oleh warga masyarakat. "Karena memang prinsip BUMDes adalah untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat desa," ucap Halim.

Nasional