PROFIL Toprak Razgatlioglu sang Juara Dunia Superbike 2021, Sempat ‘Ngarit’ di Sirkuit Mandalika

PROFIL Toprak Razgatlioglu sang Juara Dunia Superbike 2021, Sempat ‘Ngarit’ di Sirkuit Mandalika

Pembalap muda Toprak Razgatlioglu berhasil menduduki juara dunia dalam gelaran Motul FIM World Superbike Championship (WorldSBK) 2021. Seperti diketahui event berskala internasional tersebut digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Toprak meraih juara dunia Superbike, setelah finish di urutan kedua pada race 1 WorldSBK, di Sirkuit Pertamina Mandalika, Minggu (21/11/2021).

Lantas siapakah Toprak Razgatlioglu? Dikutip dari www.worldsbk.com, pria kelahiran 16 Oktober 1996 tersebut merupakan seorang pembalap muda yang berprestasi. Dirinya berasal dari Alanya, Turki.

Pria berusia 25 tahun tersebut pernah menyabet gelar kejuaraan Motocross Turki, sebelum akhirnya berkompetisi dalam balapan 600cc pertamanya ketika ia berusia 13 tahun. Pada tahun 2011 dirinya menembus kancah Eropa dan pertama kali memasuki Piala Dunlop Yamaha R6. Pada 2013, anak muda itu mengamankan tempat di Red Bull Rookies Cup, yang ia ikuti bersama kejuaraan Supermoto Turki.

Toprak pun meraih kemenangan pertamanya di Jerman di Sachsenring. Pada tahun 2015 Toprak memasuki Kejuaraan Superstock 600 Eropa dan memenangkan gelar di musim yang sama. Selanjutnya di tahun 2016 Toprak maju ke Kejuaraan Superstock 1000 Eropa pada tahun 2016, ia berjuang untuk gelar di musim keduanya, hanya kehilangan delapan poin.

Naik ke WorldSBK pada tahun 2018 dengan Kawasaki Puccetti Racing, Toprak meraih dua podium dan menjadi rookie. Tahun berlanjut, Toprak memenangkan balapan pertamanya untuk tim di Phillip Island dan meraih sembilan podium secara total. Dikutip dari , Toprak mengunci gelar juara dunia Superbike, setelah finish di urutan kedua pada race 1 WorldSBK, di Sirkuit Pertamina Mandalika, Minggu (21/11/2021).

Meski finish di belakang pembalap Kawasaki Racing Jonathan Rea, Toprak berhak meraih gelar juara dunia karena posisinya sudah tidak terkejar. Dengan hasil race 1 hari ini, Toprak saat ini mengoleksi total 551 poin, semenatra Jonathan Rea 526 poin. Mereka memiliki selisih 25 poin.

Meski masih bisa dikejar oleh Jonathan Rea pada race 2 hari ini, tetapi rekor kemenangan Toprak lebih banyak. Sehingga dia berhak memperoleh gelar juara dunia WorldSBK 2021, sekaligus menghentikan dominasi Jonathan Rea di ajang Superbike. Toprak sempat menjadi sorotan saat dirirnya membagikan foto memperbaiki rumput sirkuit bersama para pekerja, Kamis (18/11/2021) sore.

Dia ikut ngarit (membersihkan rumput, rumput liar bersama sejumlah warga di pinggir sirkuit, saat sesi racewalk, dimana para pembalap berjalan kaki mengelilingi trek balap sejauh 4,3 kilometer. Aksinya ini diposting di akun instagramnya @toprak_tr54. Postingan tersebut menampilkan foto foto Toprak ngarit rumput bersama empat pekerja yang sedang menata rumput sirkuit.

Toprak memberi keterangan, aktivitas itu sebagai persiapan akhirnya menjelang final balapan World Superbike di Sirkuit Pertamina Mandalika. “ Final preparations for the weekend. Thanks İndonesia. ” tulisnya di postingan tersebut.

Regional