Update Ranking BWF Pasca Indonesia Masters: Fajar/Rian Melempem, Aaron Chia/Soh Woii Yik Naik Lagi

Update Ranking BWF Pasca Indonesia Masters: Fajar/Rian Melempem, Aaron Chia/Soh Woii Yik Naik Lagi

Berikut ini update ranking BWF terbaru khususnya sektor ganda putra setelah penyelenggaraan Indonesia Masters 2021 per tanggal 22 November 2021. Persaingan sengit tampak mewarnai ranking dunia sektor ganda putra yang masih didominasi wakil Indonesia di sepuluh besar. Tiga wakil Indonesia yang masih berada pada ranking sepuluh besar dunia yakni Marcus Gideon/Kevin Sanjaya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Sorotan tertuju pada salah satu wakil Indonesia yang tampil melempem dalam beberapa turnamen terakhir yakni Fajar Alfian/Rian Ardianto. Salah satu penampilan paling mengecewakan terakhir yang dilakoni Fajar/Rian saat keduanya tumbang melawan juniornya pada babak pertama Indonesia Masters 2021. Kekalahan tersebut membuat Fajar/Rian harus segera berbenah lantaran persaingan ganda putra semakin sengit dalam setiap turnamennya.

Belum lagi keberadaan para juniornya yang secara perlahan mampu tampil baik juga mengancam keberadaan mereka sebagai andalan Indonesia di sektor tersebut. Pasangan Fajar/Rian pun dipastikan harus turun peringkat setelah rentetan hasil kurang mengesankan di beberapa turnamen terakhirnya. Keduanya dipastikan akan turun dua peringkat ke posisi kedelapan ranking BWF pasca Indonesia Masters 2021.

Penyebab turunnya peringkat pasangan Fajar/Rian lantaran performa impresif ganda putra negara lain. Dua pasangan ganda negara lain yang menjadi penyebab turunnya Fajar/Rian yakni Aaron Chia/Soh Woii Yik (Malaysia) dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang). Sebagaimana misal pasangan Aaron Chia/Soh Woii Yik yang berhasil naik ke posisi keenam.

Keberhasilan peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2021 itu tak terlepas dari keberhasilan mereka menembus babak semifinal Indonesia Masters 2021. Lonjakan drastis juga diperlihatkan oleh Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang baik tiga peringkat ke urutan ketujuh. Keberhasilan Hoki/Kobayashi memenangkan gelar Indonesia Masters setelah mengalahkan Minions membuat mereka melesat ke posisi ketujuh.

Pergeseran yang cukup serius sektor ganda putra tersebut diprediksi akan berlangsung semakin sengit utamanya selepas penyelenggaraan Indonesia Open 2021 yang digelar besok. Posisi teratas ranking ganda putra dunia masih ditempati oleh Marcus Gideon/Kevin Sanjaya alias Minions. Diikuti pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia) yang membuntuti pada ranking kedua.

Lalu, pasangan Lee Yang/Wang Chi Lin masih nyaman berada di urutan ketiga ranking dunia BWF sektor ganda putra.

Sport